Bagaimana Cara Menaikan Traffic dan Kenapa Pengunjung Terus Turun di Website?

29May, 2020

Di sini kami akan membahas secara umum, karena untuk memberikan jawaban pasti diperlukan analisa mendalam terhadap website yang mengalami penurunan dan mau ditingkatkan trafficnya tersebut.

Saya perlu tau sebelumnya cara apa yang digunakan dalam upaya mendatangkan traffic ke dalam website tersebut, atau malah websitennya malah tidak dipromosikan sama sekali.

Banyak orang awam atau yang baru saja mengenal website beranggapan hanya dengan membuat website saja sudah bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Apalagi yang websitenya untuk berjualan, mereka pikir dengan membuat sebuah artikel lantas jualannya langsung ramai. Padahal tidak demikian.

Membuat website untuk tujuan apapun termasuk untuk berjualan itu seperti membangun toko di tempat baru yang belum ramai. Agar toko tersebut menjadi ramai Anda perlu mempromosikannya. Media promosinya bebas, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Begitu juga dengan website, membuat website saja tidak cukup. Anda harus terus mempromosikan website tersebut agar ramai pengunjung. Caranya bagaimana? Mari kita bahas Bersama.

Bagaimana Cara Menaikan Traffic?

Dari 2 pembahasan yang terdapat pada judul kita coba bahas satu-satu, ya! Pertama kita bahas lebih dulu tentang cara menaikan traffic. Berikut beberapa cara menaikkan traffic yang bisa Anda lakukan :

Promosikan website Anda di sosial media

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan langsung saat ini juga adalah mempromosikan website Anda di sosial media yang Anda miliki. Jika sosial media Anda aktif, ini bisa menjadi salah satu sumber traffic yang luar biasa.

Berikut 4 cara mendatangkan traffic dari sosial media :

a. Promosi di akun pribadi

Anda bisa mulai mempromosikan website di akun pribadi Anda, share setiap kali ada konten baru di dalam website. Jangan melulu jualan ya, Anda juga perlu konten-konten yang berisi sharing informasi di website Anda.

Dari sekian banyak teman social media memang tidak semuanya akan masuk ke dalam website tapi minimal Anda sudah memperkenalkan website Anda kepada mereka.

b. Buat Fanspage

Tahap selanjutnnya Anda bisa membuat sebuah Fanspage yang khusus mempromosikan website Anda, dengan mengggunakan Fanspage FB, Anda bisa memfilter orang-orang yang benar-benar menyukai website Anda.

Sama seperti akun pribadi, di Fanspage Anda bisa share setiap kali ada konten baru di dalam website.

c. Buat grup

Selain di aku pribadi dan fanspage Anda juga bisa membuat grup yang khusus membahas tema website Anda. Di grup biasanya interkasinya lebih tinggi dari pada fanspage atau akun pribadi.

d. Gunakan fitur iklan

Jika Anda termasuk orang yang tidak sabaran dan menginginkan hasil instan, Anda bisa menggunakan fitur iklan di media sosial. Beberapa traffic yang Anda inginkan bisa tercapai dengan menggunakan iklan. Hanya saja semakin banyak traffic yang Anda butuhkan, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

 

Promosikan website Anda di Google

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mempromosikan website Anda di Google, karena seperti yang sama-sama kita ketaui, saat ini banyak orang mencari sesuatu menggunakan mesin pencari Google, bahkan sampai ada kata-kata yang popular yaitu “tanya Mbah Google”.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan website Anda di Google, berikut 2 cara tersebut:

a. Menggunakan teknik SEO

Cara pertama adalah menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization), yaitu teknik yang dilakukan untuk membuat website Anda tampil di halaman teratas Google untuk kata kunci yang sesuai dengan pembahasan di website Anda.

SEO merupakan salah satu cara promosi yang gratis dan traffic yang dihasilkan traffic tertarget.

Mempromosikan website Anda di mesin pencari Google dengan SEO itu gratis, hanya saja Anda perlu bersaing dengan ribuan bahkan jutaan website sejenis yang tentu mau website mereka masuk halaman satu Google.

b. Google Ads

Hampir semua cara promosi gratisan membutuhkan waktu sampai promosi tersebut menghasilkan, jika Anda termasuk orang yang tidak suka menunggu, Anda bisa menggunakan layanan Google Ads atau beriklan di Google.

Dengan menggunakan Google Ads, website Anda bisa langsung berada di halaman satu Google hanya dalam hitungan hari setelah mendapatkan Approval dari Google.

Biaya untuk setiap user yang mengklik dan masuk ke dalam website Anda, besarannya variatif. Budget bisa Anda sesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

c. Promosikan Website Anda di Aplikasi Messenger

Yang terakhir Anda bisa mempromosikan website Anda pada aplikasi messenger seperti WhatsApp, Telegram atau aplikasi messenger lainnya.

WhatsApp

Setidaknya ada 2 hal yang bisa Anda lakukan di WhatsApp, yaitu :

  • Buat Grup
  • WA Story

Yang pertama Anda bisa membuat grup yang khusus untuk mempromosikan website Anda, Setiap kali ada artikel baru di website, linknnya bisa Anda share di grup tersebut.

Dengan begitu traffic akan berdatangan secara instan dan tergolong cukup cepat. Dengan catatan anggota grupnya aktif.

Yang kedua Anda bisa memanfatkan fitur WA story yaitu dengan membagikan URL konten Anda di WA story. Ini juga cukup bagus untuk mendatangkan traffic secara cepat.

Namun untuk bisa melihat WA story Anda, nomor Anda harus disimpan oleh user dan Anda juga diharuskan menyimpan nomor user.

Telegram

Pada telegram juga terdapat setidaknya dua fitur yang bisa Anda gunakan :

  • Channel Telegram
  • Grup

Bedanya channel dengan grup adalah di channel user hanya bisa membaca chat Anda tanpa bisa menuliskan channel di sana. Sedangkan di Grup Anda bisa berinteraksi dengan anggota grup. Karena Anda dan anggota grup bisa mengirimkan chat di sana.

Ini juga salah satu sumber traffic yang bagus dan cepat.

Hanya saja untuk melakukan promosi di messenger, Anda diharuskan membangun telegram atau channel telegram. Dan membuat user mu menyimpen nomor WhatsApp Anda sehingga mereka bisa melihat story Anda.

Itu tadi pembahasan mengenai bagaimana cara menaikkan traffic, selajutnya kita bahas kenapa pengunjung terus turun di website.

Kenapa Pengunjung Terus Turun di Website Saya?

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelunya untuk membahas ini sebenarnya saya perlu analisa dulu apa penyebab traffic website terus turun, karena ada banyak sekali penyebab traffic turun.

Di sini saya coba bahas 2 hal paling umum yang menyebabkan traffic turun. Berikut 2 hal tersebut:

Tidak promosi rutin

Apapun bentuk promosinya jika Anda berhenti melakukan promosi traffic Anda pasti mengalami penurunan. Penurunannya bahkan bisa sangat drastis.

Ini juga berlaku ketika Anda menggunakan SEO, jika Anda berhenti mengoptimasi website Anda, peringkatnya akan turun sehingga menyebabkan penurunan traffic.

Tidak membuat konten baru

Yang kedua adalah tidak membuat konten baru di dalam website, ini juga sangat fatal dan bisa menyebabkan traffic menukik tajam.

Hal sesederhananya seperti ini, misalnya Anda termasuk orang yang suka bermain sosmed seperti facebook, instagram atau lainnya.

Jawabannya hanya satu, karena selalu ada konten baru di dalam sosmed tersebut. Coba bayangkan kalau di sana sama sekali tidak ada konten baru? Anda pasti malas untuk membukanya.

Ini ama seperti wensite Anda, ketika ada konten baru selain menarik user baru untuk datang mengunjungi website Anda, konten baru ini juga ajang menarik user lama untuk kembali mengunjungi website Anda.

Kesimpulan

Cara meningkatkan traffic website adalah dengan mempromosikan website tersebut. Bisa menggunakan promosi gratisan seperti SEO, akun sosmed pribadi, grup sosmed dll. Bisa juga menggunakan cara berbayar seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dll.

Selain itu masih bayak cara lainnya.

Penyebab utama traffic website turun ada 2 yaitu :

  1. Tidak melakukan promosi rutin
  2. Tidak adanya konten baru di dalam website

Semoga artikel ini bermanfaat,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *