Cara Kerja Google Mengindeks Website

03Apr, 2020

Setelah Anda memiliki website, ada baiknya Anda kemudian memahami cara kerja mesin pencari Google. Hal ini menurut kami sangat penting, mengapa? Karena kebanyakan orang apalagi yang masih awam tentang website dan internet berfikiran kalua setelah memiliki website berarti langsung memiliki banyak permintaan/order dari internet.

Website merupakan alat atau media promosi internet. Supaya website bisa menghasilkan penjualan sebuah website membutuhkan optimasi dari pemiliknya. Ibarat sebuah brosur perlu disebar atau dibagikan kebanyak orang supaya ada penjualan. Jika brosur setelah dicetak kemudian hanya di taruh di meja, tentu saja hasilnya tidak maksimal. Nah, begitu juga dengan website.

Oleh karena itu website yang sudah Anda buat harus dioptimasi supaya mudah muncul di halaman Google Seach. Bagaiamana cara supaya website mudah dikenal oleh mesin pencari Google dan berada di halaman satu Google Search?

Banyak cara yang bisa Anda lakukan, kita akan bahas di artikel berikutnya. Tetapi yang harus Anda pahami terlebih dahulu adalah bagaimana cara kerja mesin pencari yang hanya dalam sekian detik mampu menampilkan jutaan bahkan miliaran halaman website yang sesuai dengan kata yang Anda cari?

Jika diibaratkan, mesin pencari itu seperti buku yang sangat tebal namun dengan indeks yang amat baik dan akurat, ketika Anda mengetikkan suatu kata di halaman pencarian, dengan sangat cepat Google Search memeriksa indeks yang ada di database untuk kemudian menampilkan hasil yang paling relevan dengan kata yang Anda cari.

Berikut ini 3 cara kerja Google yang wajib Anda ketahui:

Merayapi

Google mempunyai program bernama Googlebot yang juga dikenal sebagai bot, spider atau robot, fungsinya untuk merayapi miliyaran halaman situs yang bertebaran di internet.

Googlebot merayapi setiap situs baru yang ditemukan mulai dari halaman depan, kemudian mencatat setiap kata, juga mendeteksi tautan link yang Googlebot temukan saat proses perayapan untuk di data dan akan dirayapi kemudian.

Untuk memastikan situs baru anda dirayapi Googlebot, Anda perlu mendaftarkannya ke Google Search Console. Selain itu, Anda juga perlu mengirimkan peta situs (Sitemap.XML) untuk menjamin semua halaman yang ada di situs Anda dirayapi oleh Googlebot.

Setiap website yang dibuat Situswebsite.com sudah kami daftarkan ke Google Search Console dan kami kirimkan sitema.XML melalui akun Google yang kami miliki.

Selain situs baru, Googlebot juga merayapi halaman baru atau yang diperbaharui untuk memperbaharui indeks mereka. Oleh karena itu, kami sangat menganjurkan kepada setiap member Situswebsite.com untuk konsiten membuat artikel di website mereka karena mesin pencari Google selalu menyukai website yang rutin update.

Mengindeks

Dari hasil perayapan, Googlebot menyusun indeks dengan jumlah sangat besar, berisi setiap kata yang mereka temui lengkap dengan lokasi halaman kata tersebut ditemukan.

Untuk konten berupa gambar dan video Anda perlu menambahkan atribut ALT dan menuliskan deskripsi singkat gambar dan video tersebut, karena sampai saat artikel ini ditulis, Google belum bisa membaca konten multimedia seperti gambar dan video.

Menampilkan Hasil

Ketika user mengetikan kata di halaman pencarian, Google melihat indeks database mereka dan mencari halaman situs yang paling relevan dengan kata tersebut, untuk ditampilkan di halaman data pencarian.

Relevansinya ditentukan oleh lebih dari 200 faktor yang tidak semuanya diungkapkan oleh Google, diantaranya adalah relevansi pada judul, deskripsi, URL dan isi konten halaman tersebut.

Faktor lainnya yang tidak kalah penting adalah jumlah backlink atau link rekomendasi dari situs lain yang mengarah ke situs Anda.

Agar situs Anda mendapat peringkat yang lebih baik, pastikan Google dapat merayapi dan meng-indeks situs Anda dengan baik.

Setelah memahami cara kerja Google, sekarang hal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan situs Anda sudah terindeks dengan baik oleh Google. Anda bisa mencoba memeriksanya dengan mengetikkan “site:domainanda.com” (ganti domainanda.com dengan url situs Anda) di halaman pencarian Google.

Jika situs Anda tampil di halaman pencarian, berarti situs Anda sudah terindeks dengan baik. Namun jika situs Anda tidak tampil di halaman pencarian maka Anda perlu memberitahu Google bahawa Anda mempunyai situs baru yang segera harus dirayapi oleh Google dan dimasukkan ke dalam database indeks Google.

Selain itu karena dalam proses perayapan Google mendeteksi setiap tautan link yang Google temukan untuk Google rayapi maka Anda harus membuat situs yang memiliki navigasi yang baik.

Berikan tautan link untuk setiap konten yang berkaitan di dalam situs. Anda juga bisa memberikan tautan link pada Menu, Footer dan Widget.

Ini akan membuat user betah berlama-lama di situs Anda, karena merasa mendapatkan banyak referensi konten yang sesuai dengan pencarian mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *