Google Tidak Memprioritaskan Perayapan, Pengindeksan, atau Peringkat Berdasarkan Platform

31Dec, 2020

Platform website apa yang lebih mudah untuk masuk halaman satu Google?

Pastinya teman-teman Situswebsite penasaran bukan? Karena semua pasti ingin menggunakan platform yang terbaik untuk membuat website sehingga websitenya bisa muncul di halaman pertama Search Engine Google.

Apakah Blogspot lebih mudah masuk halaman satu Google karena Blogspot kepunyaan Google?
Apakah site.google lebih mudah masuk halaman satu Google?
Apakah WordPress lebih mudah masuk halaman satu Google?
Apakah website dengan full coding sendiri lebih mudah masuk halaman satu Google?

Meninjau dari pernyataan salah satu orang yang berpengaruh di Google yaitu John Muller dia mengatakan melaui akun Twitter nya bahwa:

“We don’t prioritize crawling, indexing, or ranking by platform used.

It’s not uncommon to see some pages from new sites get crawled quickly, and old sites to get crawled slowly (say if we haven’t seen useful changes there in a long time). It’s not the rule, but it can happen.”

 

Google Search tidak memprioritaskan perayapan, pengindeksan, atau peringkat berdasarkan platform yang digunakan. Jika rekan-rekan menggunakan WordPress, Wix, Movable Type atau sesuatu yang sepenuhnya khusus, misalnya membuat website dengan full coding sendiri – Google tidak akan benar-benar peduli.

Dia juga menyebutkan bahwa Google Search lebih cepat merayapi website yang memiliki perubahan yang berarti – dalam hal ini update website – yang rutin.

Di Akun Twitter nya dia juga menambahkan bawah WordPress merupakan stable platform di Google Search.

“WordPress is a pretty stable platform, but you can test it with the URL inspection tool to see if it’s accessible. Sometimes crawling just takes a bit of time, and FWIW (I don’t know your site) we do use things like overall quality to help us decide where / what to crawl next.”

 

Tapi mesi demikian perlu diingat Google tidak memberikan perlakuan istimewa pada WordPress. Meskipun WordPress 5.5 sekarang memiliki integrasi peta situs dan umumnya mengadopsi standar Google terbaru, seperti REL UGC baru dan lainnya, tetapi sekali lagi, Anda juga dapat melakukan semua itu di sebagian besar platform atau CMS khusus lainnya.

Platform apa pun dapat dengan baik mendapatkan perayapan, pengindeksan, dan peringkat oleh Google Search, Anda hanya perlu melakukannya dengan benar – ikuti peraturan yang Google Search berikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *